Beranda · Daftar Isi · Disclaimer · Privacy Policy · Terms And Conditions· Contact Us

Cara Melakukan Penyerbukan Pada Buah Naga Secara Manual

Loading...
Banyak pecinta tanaman buah terutama pecinta tanaman buah naga pemula sering mengajukan beberapa pertanyaan, salah satu pertanyaannya buah naga saya telah berbunga namun kenapa rontok tidak jadi buah apakah penyebabnya? 

Tanaman buah naga jika Sahabat Inspirasi Berkebun tanam dan telah berbunga kemudian rontok, penyebabnya ialah tidak terjadinya pernyerbukan pada bunga buah naga, sehingga bunga rontok dan gagal untuk menjadi bakal buah. 

Penyerbukan tanaman buah naga itu sendiri ada dua proses, dapat secara alami dibantu oleh serangga atau dapat juga secara manual di bantu manusia atau diri kita sendiri. 

Coba Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan apakah pada saat buah naga berbunga dan mekar ada kumbang atau lebah di bunga buah naga Sahabat Inspirasi Berkebun? Apabila ada kumbang atau lebah bersyukur Sahabat Inspirasi Berkebun tidak perlu melakukan penyerbukan secara manual. Apabila tidak ada kumbang atau lebah berarti Sahabat Inspirasi Berkebun harus membantu penyerbukan tanaman buah naga secara manual.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan penyerbukan pada buah naga secara manual. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah-langkah dibawah ini yang akan kami jabarkan secara gambling.

Namun perlu diketahui, pada tanaman buah naga juga ada bunga yang rusak atau gagal yang memang bunga harus dibuang karena tidak mungkin untuk dilakukan penyerbukan. Seperti gambar dibawah ini, bunga yang terhitung rusak atau gagal dari pertama tumbuh kuncup telah berwarna kuning dan layu atau tidak terlihat segar, bunga-bunga seperti ini wajib segera untuk dibuang.

Berikut ini adalah bagian-bagian bunga buah naga baik mahkota bunga, benang sari dan putik dapat dilihat pada gambar dibawah ini, gambar ini kami ambil tidak dalam kondisi mekar sempurna karena keterbatasan waktu kami, lain kali akan kami perbaiki, namun sudah cukup untuk menjelaskan bagian-bagian tersebut:
Bagian-bagian Pada Bunga Buah Naga
Pada saat melakukan penyerbukan pada tanaman bunga buah naga, intinya sama dengan penyerbukan bunga pada tanaman lain yaitu mempertemukan serbuk sari dan putik. Pada gambar, benang sari bentuknya seperti benang-benang yang jumlahnya banyak melingkari putik yang tumbuh memanjang dan pada ujungnya terdapat serbuk sari, serbuk sari inilah yang harus dioleskan pada putik, dengan tanda kami berikan lingkaran ungu pada gambar. 

Sahabat Inspirasi Berkebun dapat mengambil serbuk sari dengan cara serbuk sari dirontokan dengan menggunakan kuas kecil pada wadah atau dapat juga menggunakan kertas minyak agar licin dan supaya serbuk sari terlihat jelas, kemudian oleskan pada putiknya dengan kuas tersebut. Apabila Sahabat Inspirasi Berkebun menggunakan tangan, Sahabat Inspirasi Berkebun tinggal memindahkan serbuk sari dan oleskan pada putiknya juga. Kami rasa, pengertiannya cukup sederhana dan cukup mudah di pahami pasti Sahabat Inspirasi Berkebun dapat melakukan penyerbukan sendiri.
Bunga Buah Naga Rontok
Beberapa Hal yang Perlu Sahabat Inspirasi Berkebun Ketahui 
Pertama waktu terbaik untuk melakukan penyerbukan ialah pada saat mahkota bunga telah mekar sempurna. Penyerbukan pada saat bunga naga belum mekar akan menghasilkan hasil yang kurang bagus, penyerbukan lebih baik dilakukan pada saat bunga naga telah mekar beberapa waktu kuntum bunga mulai menutup, hasilnya lebih bagus dari pada diserbukkan sebelum bunga mekar sempurna.

Kedua Sahabat Inspirasi Berkebun harus berhati-hati pada saat mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan sampai tangkai putik patah akibat gerakan yang terlalu keras. Hal tersebut akan menyebabkan gagalnya penyerbukan.

Ketiga bagi Sahabat Inspirasi Berkebun yang pemula, sebaiknya menggunakan kuas bersih dan kering untuk mengoleskan serbuk sari ke putik. Walaupun dapat dilakukan dengan jari tangan Sahabat Inspirasi Berkebun, namun tangan Sahabat Inspirasi Berkebun yang berkeringat, basah atau tidak bersih dapat mengakibatkan gagalnya penyerbukan.

Keempat kuntum bunga naga yang menghadap ke arah keatas, setelah Sahabat Inspirasi Berkebun melakukan proses penyerbukan sebaiknya berikan kerodong untuk mencegah terkena air hujan secara langsung, walaupun banyak juga yang tidak dikerodong, penyerbukan tetap berhasil.

Kelima atau proses Terakhir serbuk sari bisa digunakan untuk di oleskan pada putik bunga naga yang lainnya, pada biasanya dilakukan untuk penyilangan 2 jenis buah naga.
Pengolesan Serbuk Sari Menggunakan Kuas
Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara melakukan penyerbukan pada buah naga secara manual. Semoga buah naga yang Sahabat Inspirasi Berkebun miliki dapat berbuah dan Sahabat Inspirasi Berkebun dapat memetik hasilnya . Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: warasfarm. wordpress. com/ 2014/ 11/ 28/ cara- manual- penyerbukan- buah- naga/
Loading...

2 Tanggapan untuk "Cara Melakukan Penyerbukan Pada Buah Naga Secara Manual"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus