Beranda · Daftar Isi · Disclaimer · Privacy Policy · Terms And Conditions· Contact Us

Cara Membuat Fungisida Nabati

Loading...
Sahabat Inspirasi Berkebun mungkin ada yang belum mengetahui apa itu fungisida nabati. Fungisida adalah sebuah racun yang dapat mengendalikan jamur, sedangkan nabati memiliki arti tanaman, jadi fungisida nabati kita artikan secara keseluruhan adalah suatu zat yang terkandung dalam tanaman yang dapat mengendalikan penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Seperti kita ketahui bahwa Negara Indonesia adalah negeri yang sangat kaya sekali akan berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan untuk kepentingan hidup kita semua, salah satunya ialah sebagai fungisida nabati. namun untuk fungsi yang satu ini belum benar-benar di teliti oleh para peneliti di bidang pertanian, tidak seperti penggunaan tanaman herbal yang telah luar biasa banyak. Tantangan untuk para peneliti di bidang pertanian supaya dapat dimanfaatkan oleh petani Indonesia.

Pada tulisan kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat fungisida nabati. Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun perhatikan langkah demi langkah yang akan kami bahas dibawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
Gula merah dan rimpang jahe dengan perbandingan yang sama
Kertas buram atau kertas yang mempunyai pori
Alat-alat yang dibutuhkan 
Toples plastik
Baskom
Pisau
Karet

Cara Membuat Fungisida Nabati
Pertama siapkan bahan gula merah dan rimpang jahe dengan perbandingan yang sama 1 : 1. Kemudian gula merah disisir agar menjadi lebih halus dan Iris rimpang jahe dengan pisau menjadi bagian tipis-tipis.

Kedua setelah bahan di haluskan dan dipotong, masukan gula merahdan jahe yang telah diiris kedalam baskom, setelah dimasukan kedalam baskom, campurkan dan remas kedua bahan tersebut dengan tangan sampai mengeluarkan air.

Ketiga bahan yang sudah diremas tadi bersama dengan airnya selanjutnya dimasukan kedalam toples plastic dan tutup toples dengan menggunakan kertas buram atau kertas berpori serta ikat dengan karet.
Cara Membuat Fungisida Nabati 
Kelima simpan toples yang sudah tertutup rapat pada tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, lama penyimpanan toples selama 1 minggu untuk proses fermentasi secara alami. Setelah 1 minggu buka toples dan lakukan penyaringan untuk memisahkan larutan hasil fermentasi dengan ampas jahenya. 

Ramuan yang sudah disaring sudah siap untuk di gunakan, untuk penggunaan dicampur dengan air biasa untuk menyemprot pada tanaman atau bagian pada tanaman yang terserang jamur penggangu. Perbandingan pengunaan ramuan setiap 1 cc fungisida nabati dicampur dengan 1 liter air bersih.

Demikian tulisan kami megenai bagaimana cara membuat fungisida nabati. Semoga tulisan ini dapat mengusir jamur pada tanaman Sahabat Inspirasi Berkebun. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber:
Gerbang pertanian. com/ 2012/ 01/ fungisida- nabati. Html
Nusa tani. com/ 2015/ 05/ membuat- fungisida- nabati. html
Loading...

2 Tanggapan untuk "Cara Membuat Fungisida Nabati "

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus