Beranda · Daftar Isi · Disclaimer · Privacy Policy · Terms And Conditions· Contact Us

Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL)

Loading...
Apa sebenarnya pengertian dari Mikro Organisme Lokal (MOL) mungkin banyak Sahabat Inspirasi berkebun yang belum mengetahui apa itu Mikro Organisme Lokal (MOL). Mikro Organisme Lokal (MOL) ialah bakteri yang bermanfaat untuk tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Pada saat Sahabat Inspirasi Berkebun akan membuat Mikro Organisme Lokal (MOL) Sahabat Inspirasi Berkebun harus mengetahui dulu tujuan dari pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL) sehingga Sahabat Inspirasi Berkebun dapat menentukan jenis bakteri apa saja yang akan akan Sahabat Inspirasi Berkebun perbanyak dan cara memanfaatkan bakteri tersebut.

Pada tulisan kali ini kami akan sedikit membagikan bagaimana cara membuat Mikro Organisme Lokal (MOL). Langsung saja Sahabat Inspirasi Berkebun mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Pada proses perbanyakan bakteri, ada tiga komponen, yaitu :

Pertama sumber bakteri, dapat berbentuk isolat bakteri atau sumber alami, seperti tape atau nasi basi atau keong atau buah busuk dan lain-lain.Kedua karbohidrat, dapat seperti air cucian beras dan lain-lain. Ketiga glukosa atau gula.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk Membuat MOL:
Daun hijau atau limbah sayuran, sebanyak 1 kg dicuci dan dihaluskan.
Air kelapa sebanyak 1 liter
Air leri atau air cucian beras sebanyak 1 liter
Urin kelinci atau urun kambing atau urin sapi sebanyak 1 liter
Kohe atau pupuk kandang (Pukan) sebanyak 1 kg
Mikro Organisme Lokal (MOL) atau EM4
Gula putih atau gula merah sebanyak 5 sendok makan
Jahe laos atau kulit jeruk atau kunyit sebanyak 1/2 kg dihaluskan
Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL)
Cara Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL):
Campur semua bahan diatas, simpan dalam sebuah wadah yang tertutup, bisa seperti jerigen ataupun ember dengan tutup. Aduk bahan-bahan yang sudah teracampur secara perlahan setiap hari, untuk proses pembuatan memakan waktu sekitar kurang lebih 2 minggu.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara membuat Mikro Organisme Lokal (MOL). Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Sahabat Inspirasi Berkebun dalam budidaya tanaman. Silahkan bagikan tulisan ini ke halaman facebook Sahabat Inspirasi Berkebun untuk menyimpan tulisan ini.

Sumber: nusatani. com/ 2015/ 05/ cara- membuat- mol. html
Loading...

2 Tanggapan untuk "Cara Membuat Mikro Organisme Lokal (MOL)"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus